Selected Article

MegaMan Fully Charged Tayang Kembali di NET, Bagaimana Kesuksesan Waralaba Permainan Video MegaMan?

MegaMan Fully Charged Tayang Kembali di NET, Bagaimana Kesuksesan Waralaba Permainan Video MegaMan?

AnimasiGameJadwalKartunMerchendaiseSeriTeaser

Senin, 12 Juli 2021, 19:59

KUTUBUKUKARTUN – Setelah kurang lebih vakum selama 6 bulan, serial animasi 3 dimensi CGI buatan Wildbrain Studios (melalui DHX Media), CapCom dan Dentsu Entertainment bertajuk MegaMan Fully Charged tayang kembali di NET setiap hari Rabu, Kamis dan Jumat pukul 12.30WIB. Serial animasi ini bukanlah serial animasi baru, melainkan sudah tayang di NET sejak 24 Mei 2020 lalu (bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1441H).

MegaMan Fully Charged, adalah kartun yang dibuat oleh Man of Action (kreator dari Ben 10 dan Big Hero 6) melalui Man of Action Studios, diproduksi oleh Dentsu Entertainment USA dan DHX Media Studios Vancouver. Seri ini mengambil inspirasi dari video game MegaMan terutama dari seri klasiknya, daripada variasi lain dari waralaba video game seperti Mega Man X atau Mega Man Battle Network. Serial ini pertamakali ditayangkan perdana di Cartoon Network di Amerika Serikat pada 5 Agustus 2018, dan termasuk penyegaran dari serial anime Jepang bertajuk MegaMan NT Warrior atau Rockman Exe, yang pernah tayang di Indosiar pada tahun 2000-an.

Serial ini mengikuti Aki Light, seorang manusia biasa yang juga dapat menjadi robot canggih yang terlihat seperti dan menjalani rutinitas anak sekolah manusia. Dia dilahirkan oleh ilmuwan Dr. Light sebagai putranya dan tinggal bersama saudara perempuannya yang manusiawi bernama Suna Light. Mereka tinggal di Silicon City, sebuah kota yang dihuni oleh robot dan manusia dengan agak damai, meskipun saat ini melihat serangan baru dari robot jahat (Master Robot dari waralaba).

Aki merespon dengan berubah menjadi “Mega Man” dan pertempuran untuk menetralisir ancaman dan melindungi warga sipil dari bahaya. Sekutu untuk Mega Man termasuk Mega Mini, robot mini yang bekerja di dahinya, hewan peliharaannya Rush si robot anjing, dan Suna Light.

Karakter lain termasuk Sersan. Night, seorang veteran perang yang memberikan pidato anti-robot (meskipun bekerja dengan robot jahat untuk menyalakan kembali perang manusia-robot) dan Bert Wily, teman sekelas dan teman Aki Light.

Meski ditayangkan di Cartoon Network, serial animasi ini menjadi serial non-Cartoon Network yang tayang di NET setelah biasanya NET memborong serial animasi buatan Cartoon Network Studios seperti Ben 10, We Bare Bears, Amazing World of Gumball dan lainnya.

Kesuksesan waralaba permainan video Mega Man.

Mega Man, yang dikenal sebagai Rockman (ロックマン, Rokkuman) di Jepang, adalah franchise video game fiksi ilmiah Jepang yang dibuat oleh Capcom, dibintangi oleh serangkaian karakter robot yang masing-masing dikenal dengan moniker “Mega Man”. Mega Man, dirilis untuk Nintendo Entertainment System pada tahun 1987, adalah yang pertama dalam seri yang diperluas ke lebih dari 50 game di beberapa sistem. Pada tanggal 31 Maret 2021, seri game ini telah terjual 36 juta unit di seluruh dunia, baik itu di Playstation, Xbox, Nintendo maupun Sega yang sudah tidak berfokus di permainan konsol dan tidak memproduksinya lagi.

Seri Mega Man asli terdiri dari sebelas game utama, game sampingan berjudul Mega Man & Bass, serta semua Game Boy, Sega Genesis, Sega Game Gear dan game konsol lainnya yang menampilkan desain asli Mega Man.

Meskipun seri klasik belum mencapai akhir, alur cerita bergeser ke seri Mega Man X, diikuti oleh seri Mega Man Zero, dua game Mega Man ZX dan tiga game untuk Mega Man Legends. Semua seri Mega Man mengikuti satu garis waktu terus menerus kecuali untuk Mega Man Battle Network dan Mega Man Star Force, yang berlangsung pada garis waktu alternatif yang terpisah.

Dari permainan video ke serial TV

Penampilan televisi pertama Mega Man diproduksi untuk pasar Amerika dan didasarkan pada serial klasik. Pertama adalah Captain N: The Game Master (1989–91), sebuah pertunjukan yang terjadi di alam semesta yang terdiri dari banyak game Nintendo yang berbeda. Ini menampilkan Mega Man sebagai karakter utama dan juga menampilkan Dr. Wily sebagai salah satu antagonis. Ini diikuti oleh Mega Man (1994-95), seri pertama yang berbasis di alam semesta Mega Man.

Mega Man selanjutnya muncul di anime yang diproduksi di Jepang dan berdasarkan seri spin-off. Pertama adalah MegaMan NT Warrior (2002–06), berdasarkan seri video game Mega Man Battle Network (baik anime dan seri video gamenya dikenal sebagai Rockman.EXE di Jepang). Ini diikuti oleh Mega Man Star Force (2006–08), berdasarkan seri video game dengan nama yang sama (keduanya dikenal sebagai Shooting Star Rockman di Jepang).

Dan saat inilah serial berjudul Mega Man: Fully Charged mulai ditayangkan pada tahun 2018. Berbeda dengan anime sebelumnya, serial ini lagi-lagi merupakan serial animasi produksi Amerika yang secara longgar didasarkan pada serial klasik.

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Mega_Man

https://en.wikipedia.org/wiki/Mega_Man:_Fully_Charged


Related Article