Selected Article

Bertepatan dengan Perilisan Disney+ Hotstar Malaysia, Jungle Junction Dirilis di Disney+ Hotstar Indonesia dan Bagaimana Sejarah Disney di Pertelevisian Indonesia

Bertepatan dengan Perilisan Disney+ Hotstar Malaysia, Jungle Junction Dirilis di Disney+ Hotstar Indonesia dan Bagaimana Sejarah Disney di Pertelevisian Indonesia

AnimasiDubbingJadwalKartunPrasekolahReleaseSeriTeaserTrailer

Selasa, 1 Juni 2021, 7:43

KUTUBUKUKARTUN – Ketika warga Malaysia sedang menikmati Disney+ Hotstar yang baru dirilis hari ini, Selasa (1/6), di Indonesia justru tengah dihebohkan dengan adanya serial animasi baru yang dirilis melalui Disney+ Hotstar. Salah satunya adalah serial animasi prasekolah Jungle Junction.

Jungle Junction adalah serial televisi animasi komputer interaktif CGI Amerika-Inggris yang dibuat oleh Trevor Ricketts. Di Amerika Serikat, itu awalnya bagian dari blok harian Playhouse Disney yang ditujukan untuk anak-anak prasekolah. Pada tanggal 14 Februari 2011, dipindahkan ke blok Disney Junior, berfungsi sebagai pengganti Playhouse Disney. Musim kedua dari 27 episode dipesan oleh Disney, dan ditayangkan perdana pada 2 April 2011 dengan sebanyak 47 episode yang telah diproduksi.

Serial ini mengikuti petualangan sekelompok hewan di atas roda saat mereka menjelajahi rumah hutan mereka. Serial ini bermaksud untuk menanamkan rasa hormat terhadap lingkungan sejak dini pada anak usia prasekolah. Serial ini menampilkan beberapa tokoh karakter binatang seperti Ellyvan si Gajah, Zooter si Babi dan Bungo si Kelinci.

Serial prasekolah ini telah dirilis melalui Disney+ Hotstar di 2 negara yaitu India dan Indonesia dengan 1 musim yang berjumlah 20 episode, dengan tersedia dubbing Inggris, India dan tentunya Indonesia.

Disney Club ketika pertama kali tayang di TPI (sekarang MNCTV) pada 2010. Sumber: Facebook – Iklan Jadul 2000

Jungle Junction adalah salah satu diantara serial animasi prasekolah Disney yang pernah tayang di Disney Junior. Di televisi Indonesia, blok Disney pertama kali mulai diperkenalkan pada tahun 2010 di TPI (sekarang MNC TV) dengan nama Disney Club, yang pada kala itu hanya menyiarkan dua kartun jadul yaitu Donal Bebek dan Mickey Mouse, dan ketika TPI berganti nama menjadi MNCTV, Disney Club kemudian meluas dengan kartun-kartun disney non-prasekolah seperti Phineas & Ferb dan Emperor’s New School.

Klab Disney, salah satu blok kartun Disney yang pernah tayang di Indosiar pada tahun 1997. Sumber: YouTube – widi ajie

Sebelum di TPI, kartun Disney pertama kalinya juga diperkenalkan di Indosiar pada tahun 1997 lewat blok Klab Disney Indonesia, meliputi banyak kartun populer Disney seperti Donal Bebek, Mickey Mouse, Winnie the Pooh, Lilo & Stitch, Kim Possible dan judul populer lainnya. Setelah tayang di Indosiar dan TPI/MNCTV, Disney Club kemudian pindah ke RCTI pada tahun 2013 dan sementara itu MNCTV memperkenalkan blok saudara Disney yaitu Disney Junior yang meliputi beberapa kartun Disney Junior seperti Handy Manny, Special Agent Oso, Sofia the First, Jungle Junction, dan lain-lain. Blok Disney Club di RCTI yang tayang setiap Minggu pukul 06.30WIB sudah banyak menayangkan kartun-kartun populer Disney seperti Phineas & Ferb, Gravity Falls, Kick Buttowski, Pickle & Peanut, Penn-Zero Part Time Hero, Ducktales Reboot 2017, PJ Masks, Tangled The Series dan serial animasi terakhir ditayangkan pada Desember 2018 dalam blok Disney Club di RCTI adalah Big Hero 6 The Series.

Cars, salah satu film Disney yang pernah tayang di RCTI dalam blok Wonderful World of Disney. Sumber: Media Sosial RCTI (2018)

Selain serial animasi, Indosiar dalam blok Klab Disney-nya pada tahun 2000-an, serta RCTI (bersama dengan saudaranya Global TV) juga pernah turut menyiarkan film-film animasi dari Disney dalam blok film Wonderful World of Disney yang pernah tayang sejak tahun 2009 hingga 2017. Film-film animasi yang ditayangkan bisa dari Disney (contohnya Aladin (1992), The Lion King (1994), Mulan (1998), Chicken Little (2005), Tangled (2010), Frozen (2013), Big Hero 6 (2014) dan Zootopia (2016)) dan bisa juga dari Disney Pixar (contohnya trilogi Toy Story (1995-2010), A Bug’s Life (1998), Monsters Inc (2001), Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004), Cars (2006), Ratatouille (2007), Wall-E (2008), Up (2009), dan Brave (2012)). Hal ini tidak berlangsung lama dan sempat terhenti pada tahun 2019 karena hak siar Disney dengan MNC Media yang telah habis dan tidak diperpanjang. Kini semua film animasi dan serial animasi Disney dapat disaksikan di layanan digital Disney+ Hotstar dengan subtitle dan/atau dubbing Bahasa Indonesia.

Sumber:

https://www.hotstar.com/in/tv/jungle-junction/1260015264

https://en.wikipedia.org/wiki/Jungle_Junction


Related Article